Okinoshima, Pulau Keramat dari Jepang yang Melegenda

- Wednesday, August 16, 2017
Loading...

Pada 9 juli 2017 pulau Okinoshima resmi menjadi salah satu warisan budaya dunia oleh PBB melalui Unesco.

Pulau ini menjadi warisan budaya dunia karena memiliki nilai budaya dan sejarah yang sangat penting.

Pulau ini juga dianggap keramat oleh warga jepang, alasannya pualu ini dulunya digunakan sebagai tempat ritual pesucian bagi pelaut dan tentara yang bergabung dalam perang Rusia-Jepang.

Namun, jauh sebelum itu tempat ini dijadikan tempat pertukaran barang dari berbagai daerah terutama china, korea.

Terbukti di pulau okinoshima ada ribuan artefak yang dilindungi, artefak tersebut ada yang berasal dari dinasti Wei(China), Mangkuk porselin dari(Korea) dan beberapa artefak teridentifikasi dari kebudayaan Persia(Iran).

Namun, Pulau okinoshima ini mengundang banyak pertanyaan. Sebab, pulau ini ternyata terlarang bagi wanita.

Pulau ini ternyata dianggap sakral sehingga wanita dilarang mengunjungi pulau ini. Bahkan Okinoshima Island ini hanya boleh dikunjungi oleh 200 wisatawan saja.

Pulau ini pun hanya dibuka satu hari saja dalam satu tahun, tepatnya hanya pada tanggal 27 Mei. Dan setiap pengunjung yang masuk kesinipun harus mengikuti tata tertib.

Tata tertib yang paling harus anda ingat jika berwisata kesini adalah Ritual misogi, atau pembershisan diri di pinggiran laut pualu Okinoshima.

Ritual ini, adalah ritual wajib jika kamu ingin berkunjung. Misogi sendiri merupakan ritual untuk membersihkan kotoran dari tubuh. 

Di pualu Okinoshima terdapat satu kuil shinto yang bernama Okitsu, Kuil ini didirikan sejak abad ke 17.

Saking keramatnya anda dilarang membawa pulang apapun dari pulau ini, mulai dari ranting, batu, tanah atau apapun. Bahkan pengalaman wisata kesini pun dilarang diceritakan kepada banyak orang.

Dan yang paling unik dari pulau ini adalah, penghuninya hanya ada satu orang yakni pendeta shinto yang bertugas menjaga dan merawat Kuil Okitsu.

 

Start typing and press Enter to search