Awas, 5 Makanan yang Bisa Picu Penyakit Asam Urat

- Monday, August 27, 2018

Kadar asam urat berlebih dalam aliran darah bisa memicu radang sendi. Ketika terakumulasi dalam cairan sendi, asam urat menyebabkan peradangan dan rasa sakit yang luar biasa. Secara umum, asam urat akan menumpuk di sendi jari-jari dan pergelangan kaki.

Purin adalah unsur yang meningkatkan kadar asam urat dalam darah. Peningkatan jumlah purin biasanya berasal dari makanan, Beberapa makanan memang mengandung banyak purin dan anda tentu wajib mengetahuinya. Nah berikut ada beberapa jenis makanan yang bisa memicu Anda menderita asam urat.

1. Seafood

Makanan laut seperti kepiting, udang, tiram, kerang, kerang adalah b eberapa makanan tinggi purin. Jika anda menderita asam urat sebelumnya maka produk-produk ini harus dihindari dalam bentuk apapun, karena makanan ini akan membantu meningkatkan kadar asam urat dalam darah.

2. Daging Merah

Jika Anda memiliki kadar asam urat yang tinggi, Anda harus sepenuhnya menghindari Daging babi dan daging sapi, karena daging jenis ini mengandung persentase purin yang tinggi, ditambah lagi daging ini sangat berlemak. Selain itu, produk sampingan, ekstrak daging, daging cincang, ginjal, usus juga bisa meningkatkan asam urat untuk itu hindari ini juga.

3. Kacang-Kacangan

Makanan dari kacang-kacangan adalah makanan yang mengandung purin yang sangat banyak, sehingga orang-orang dengan kadar asam urat yang tinggi harus membatasi mengkonsumsi makanan ini.

4. Bir

Bir lebih berbahaya bagi penderita asam urat tinggi daripada makanan laut dan daging. Hal ini disebabkan karena bir dapat meningkatkan produksi senyawa purin di dalam tubuh dan membuat tubuh kesulitan mengeluarkan purin. Para ahli merekomendasikan untuk menghindari bir jika Anda menderita asam urat.

5. Kopi Instan

Sesuaikan jumlah kopi yang Anda konsumsi setiap hari. Jumlah yang berlebihan bisa berbahaya bagi tubuh. Terlebih kopi instan, minuman ini dapat memicu kadar asam urat tinggi.
 

Start typing and press Enter to search